29 Maret, 2011

Tips Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas


Untuk mendapatkan manfaat maksimal, ada baiknya Anda mengetahui cara menyimpan makanan dalam kulkas yang benar.


1. Memperhatikan kapasitas. Menjejalkan makanan yang Anda simpan di dalalm kulkas bukan cara yang tepat, meskipun masih ada ruang yang kosong. Lemari es yang terlalu penuh akan mengganggu sirkulasi udara, sehingga proses pendinginan kurang optimal.

2. Menyimpan sisa roti. Apabila Anda akan menyimpan roti tawar di dalam kulkas, bungkuslah dengan rapat dalam plastik. Pada saat mau dikonsumsi, sebaiknya kukus/panggang terlebih dahulu.

3. Menyimpan daging. Daging yang Anda simpan di dalam kulkas sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu. Masukkan ke dalam kantung plastik dengan jumlah porsi sekali masak, simpanlah di dalam freezer.

4. Menyimpan ikan. Sebelum disimpan, bersihkan terlebih dahulu seluruh bagian dalam ikan, insang dan sisik. Masukan ke dalam kantung plastik dengan rapat, lalu simpanlah di freezer.

5. Menyimpan buah & sayuran. Agar lebih tahan lama, buah dan sayuran dapat dibungkus dalam plastik kemudian letakkan di bagian kulkas paling bawah. Jangan simpan buah dan sayuran di dalam freezer.

6. Menyimpan makanan olahan. Apabila mau menyimpan makanan hasil olahan, sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Hal ini agar makanan terhindar dari pencemaran aroma dan rasa dari isi lainnya yang terdapat di dalam kulkas.

7. Menyimpan telur mentah. Sebelum telur dimasukan ke dalam kulkas, cucilah terlebih dahulu bagian luar (kulit) telur, masukan telur dalam kondisi kering. Karena telur yang belum bersih, dikhawatirkan membawa banyak kuman dan bakteri yang dapat mencemari makanan lainnya yang ada di dalam kulkas.

8. Bersihkan secara teratur. Sebaiknya sebulan sekali kulkas dibersihkan. Nyalakan tombol defrost agar bunga es dalam freezer dan chiller mencair. Bersihkan dengan cara dilap dengan campuran air hangat dan soda, karena soda berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam kulkas. Setelah baca artikel ini silahkan klik: Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia

3 komentar:

nas Rabu, Maret 30, 2011 9:00:00 PM  

jasa buat account google adsense hanya 30rb (bsa di blog bhs indonesia) berminat? call/sms 02168936593, stelah account jd.. baru bayar..

adi waskita Jumat, April 01, 2011 7:00:00 AM  

ha ha.. dulu pernah menyimpan beberapa makanan yang berbau tajam ke kulkas.. akibatnya semua makanan rasa dan baunya campur-campur

Adrian Rivaldy Senin, April 04, 2011 7:42:00 AM  

nice info gan!thanks dah berbagi tips ini..hehe..jangan lupa komentar ya di blogku

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP