03 April, 2011

Menumbuhkan Semangat Belajar Anak


Mengharapkan anaknya mencapai prestasi belajar yang baik pasti sudah menjadi harapan orang tua. Prestasi tersebut tentunya dapat diraih apabila anak memiliki kemauan dan semangat untuk belajar. Beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan oleh orang tua untuk meningkatkan semangat belajar, adalah:


1. Memberikan motivasi. Semakin kuat motivasinya semakin bersemangat pula ia belajar. Karena itu, orang tua hendaknya memberikan motivasi agar dorongan untuk belajar tumbuh dari diri anak sendiri.

2. Menjelaskan tujuan belajar. Tujuan dapat memberi arah yang jelas bagi anak dalam belajar. Dengan tujuan belajar yang di pahaminya, anak dapat lebih tekun belajar.

3. Menjelaskan manfaat belajar. Menjelaskan manfaat belajar dapat dilakukan dengan memberijan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari di sekitar anak. Misalnya, si A yang tadinya pernah tidak naik kelas, akhirnya dapat diterima di sekolah terbaik.

4. Memberi kesempatan belajar. Memberi kesempatan berarti juga tidak mengganggu anak pada saat sedang tekun belajar. Orang tua bisa juga mengajak anak berkunjung ke tempat-tempat yang memberikan suasana belajar, seperti perpustakaan.


5. Menciptakan suasana bersaing. Persaingan bisa dilkukan dengan diri sendiri atau orang lain. Contohnya, orang tua mendorong anak berlomba mengejar prestasi terbaik antara teman-temannya. Prestasi disini tidak melulu berupa angka yang baik, tetapi juga peningkatan-peningkatan yang dicapai.

6. Mencukupi sarana belajar. Dalam memenuhi sarana belajar hendaknya sesuaikan dengan tingkat kebutuhan anak, karena kebutuhan mereka berbeda-beda.

7. Memberikan Contoh. Anak akan lebih bersemangat dalam belajar jika melihat orang tuanya selalu belajar.

8. Memberi hadiah. Anak yang menunjukan prestasi baik dari hasil belajarnya, layak mendapatkan hadiah sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian dan usaha yang telah dilaluinya dengan baik. Bentuk hadiah tersebut tidak selalu dengan berupa materi, tetapi juga bisa berupa kasih sayang, pujian, perhatian atau lainnya. Jangan lupa klik: Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia

10 komentar:

advan Senin, April 04, 2011 1:23:00 PM  

Saya setuju menumbuh kembangkan anak untuk belajar dan memotivasi serta orang tua harus menjadi contoh, satu hal lagi bahwa pengawasan anak-anak agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang keliru.

http://advanshare.blogspot.com
http://clickadvan.blogspot.com

Adamssein Senin, April 04, 2011 11:28:00 PM  

Saya pun stuju,
bagaimana pun ortu adalah sahabat bagi anaknya maka perlakuan baik terhadap bakal bikin perkembangan anak smakin mningkat dibanding dgn cara caci maki atau pun hal yg kurang efektif.

myone1way Selasa, April 05, 2011 8:10:00 PM  

harus belajar dulu nih sebelum jadi ayah...sedia payung sebelum hujan

myone1way Selasa, April 05, 2011 8:10:00 PM  

harus belajar dulu nih sebelum jadi ayah...sedia payung sebelum hujan

dian Selasa, April 05, 2011 11:36:00 PM  

tq sob bwt artikelnya... :)

lina@happy family Jumat, April 08, 2011 1:00:00 AM  

Betul sekali, salah satu tugas penting ortu adalah membangun
'learning skill' pada setiap anaknya...

must_once Senin, April 11, 2011 5:02:00 PM  

Orang tua juga harus menyempatkan mendampingi anak belajar, dengarkanlah mereka, ajaklah mereka berbicara, juga harus tahu gaya belajar anaknya. Jangan hanya menyediakan fasilitas saja, tapi juga harus bisa menunjukkan kasih sayangnya ke anak. Salah satunya mendampingi ketika anak belajar. Trims infonya kawan....

LutFiiy Lavhalitya Rabu, April 13, 2011 4:43:00 AM  

cara mendidik anak yg baik :)

LutFiiy Lavhalitya Rabu, April 13, 2011 4:43:00 AM  

cara mendidik anak yg baik :)

John Rabu, Mei 17, 2017 6:17:00 PM  

fred perry polo shirts
phillies jerseys
michael kors outlet clearance
nike roshe one
yeezy shoes
hermes bags
louis vuitton
kate spade bags
ray ban glasses
ray bans
20170518yuanyuan

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP