24 September, 2011

Berhenti Merokok Bisa Tingkatkan Daya Ingat

Anda merokok dan merasa sering lupa akhir-akhir ini? Silakan simak artikel berikut. Berhenti merokok tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, tapi juga bagus untuk daya ingat.

Riset yang dilakukan peneliti dari Northumbria University di Inggris ini mengungkap bahwa berhenti meroko dapat mengembalikan daya ingat harian hingga tingkat yang sama seperti yang dimiliki orang bukan perokok.

Akademisi dari Collaboration for Drug and Alcohol Research Group di Northumbria University melakukan tes memori terhadap 27 perokok, 18 orang yang telah berhenti merokok, dan 24 orang tak pernah merokok. Mereka diminta mengingat tugas yang diberikan ketika sedang menjalani tur di kampus.

Para partisipan diberi daftar 15 lokasi di sekitar kampus dan harus melaksanakan satu tugas di setiap lokasi. Misalnya, ketika di perpustakaan, mereka harus mengecek ponsel atau menanyakan tarif keanggotaan ketika berada di pusat kebugaran.

Perokok hanya mengingat 59 persen tugas, orang yang berhenti merokok mengingat 74 persen, sedangkan orang bukan perokok mengingat 81 persen tugas yang diberikan.

Dalam studi yang akan dipublikasikan dalam jurnal Drug and Alcohol Dependence tersebut, Tom Heffeman dari Collaboration for Drug and Alcohol Research Group, mengatakan, manfaat berhenti merokok bagi kesehatan telah lama diketahui.

Meski belum jelas bagaimana merokok dapat dapat menganggu daya ingat, riset ini memperlihatkan bahwa kebiasaan merokok berhubungan dengan kerusakan atau atrofi pada bagian otak. Peneliti berhipotesis bahwa merokok dapat merusak area otak seperti prefrontal cortex, hippocampus, atau thalamus. Semua wilayah itu berperan penting dalam memori prospektif.

/SCIENCEDAILY/
/image:templates.com/

3 komentar:

Kopiah Putih Sabtu, September 24, 2011 10:00:00 PM  

Lho masak mas??
Padahal saya perokok.
Berhentinya juga sulit mas..
Saya udah coba..

BRI Jakarta Veteran Senin, September 26, 2011 5:53:00 PM  

saya juga termasuk perokok, tp memang sulit untuk berhenti

Cahaya Selasa, September 27, 2011 4:44:00 AM  

kalau niatnya tdk kuat, susah utk bs berhenti merokok.

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP