30 Oktober, 2011

Tip Berobat Akupunktur

Anda tertarik mencoba terapi akupunktur? Tentu bisa dicoba, tapi sebelumnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tahun 1996 Pemerintah menyatakan secara resmi akupunktur dapat diterapkan dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit, klinik kesehatan, dan puskesmas. Akupunktur dapat membantu mengatasi semua gangguan/penyakit karena kelainan fungsional, seperti penyakit nyeri, penyakit saraf, penyakit pernafasan, penyakit pencernaan, penyakit saluran kencing, penyakit ginekolog, alergi, gangguan psikologis, cedera olahraga.

Dr.dr. Koosnadi Saputra, MD,Sp.R, Kepala Laboratorium Akupunktur Puslitbang Yankes Depkes di Surabaya, mengingatkan perlunya memperhatikan beberapa hal berikut jika Anda bermaksud berobat akupunktur.

1.Tidak melakukan akupunktur jika sedang hamil, menderita radang di bagian kulit, atau menggunakan alat pacu jantung.

2.Gunakan jarum pribadi atau jarum sekali pakai, guna menghindari terjadinya penularan penyakit seperti hepatitis dan HIV/AIDS.

3.Waspada jika setelah mengalami akupunktur Anda mengalami infeksi, perdarahan, nyeri hebat, dan mengalami perlukaan organ dalam. Efek samping tersebut menandakan akupunkturis tidak mahir.

4.Carilah akupunkturis yang memiliki izin praktik dari Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten. Izin praktik biasanya dipasang di ruang praktik akupunktur.

5.Pengobatan akupunktur tidak dapat menghilangkan penyakit dalam satu waktu, dan umumnya memerlukan pengulangan pengobatan akupunktur beberapa kali. Hal ini karena prinsip kerja akupunktur adalah membangkitkan daya tahan tubuh agar tubuh mampu melakukan penyembuhan diri sendiri.

6.Sebaiknya Anda berdiskusi dengan akupunkturis untuk mendapatkan penjelasan tentang penyakit yang ditemukan, rencana pengobatan, dan skedul pengobatan. Dengan demikian, Anda dapat lebih memahami pentingnya terapi akupunktur secara serial (berulang sekian kali atau paket) untuk mendapatkan kesembuhan.
/NIRMALA/
/image:clipartof.com/

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP