11 Mei, 2011

Ada Apa di Perut Bunda? (2)

Artikel ini berisi kelanjutan dari tanya-jawab yang sebagian pernah diposting sebelumnya. Silakan disimak:

6.Kalau aku teriak-teriak di perut Bunda, bayi bisa dengar suaraku?
Anda bisa memberikan jawaban yang sebenarnya, tergantung usia kandungan Anda.
Jawab:”Telinga bayi sudah tumbuh. Dia bisa mendengar suaramu dan suara kita semua. Kelak kalau dia lahir, dia sudah kenal kita semua.”

7.Bayi di dalam perut Bunda bisa menangis?
Jawab
:”Kalau Bunda gembira, bayi di badan Bunda juga selalu gembira.”
Emosi janin sangat tergantung emosi Bunda. Belum ditemukan penelitian tentang janin menangis di dalam kandungan. Tapi janin bisa ikut merasakan emosi ibunya.

8.Bayi di dalam badan Bunda ngapain?
Jawab
:”Main, tidur, bangun, mendengarkan musik dan mendengarkan cerita Bunda bersama kamu.”
Janin di dalam kandungan juga bermain. Sesekali kakinya menendang atau melakukan peregangan.

9.Bayi di dalam badan Bunda, bernafas, ngga?
Jawab
:”Bernafas. Saat Bunda tarik nafas, bayi juga menarik nafas.”
Janin mendapatkan oksigen dari tubuh Bunda. Paru-parunya baru akan bekerja sendiri saat lahir.

10.Apakah aku dulu juga pernah di dalam perut Bunda?
Jawab
:”Ya. Kakak anak Bunda. Sama seperti bayi di dalam Bunda ini, Kakak dulu juga jadi bayi di dalam badan Bunda.”

Semoga setelah membaca contoh-contoh tanya-jawab ini, sebagai orang tua, Anda ngga panik lagi kalau Balita Anda bertanya-tanya mengenai kehamilan Bundanya. Silahkan klik: Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia

Sumber Artikel: Ayahbunda & google

05 Mei, 2011

Sky Watch: Sky on the Water

While fishing at a pond last Sunday, I noticed the sun and sky reflection on the water pond. Though I didn’t capture it well enough; I still share it here for Sky Watch Friday

Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia

03 Mei, 2011

Ada Apa di Perut Bunda?

Balita Anda (3-4 tahun) yang kritis pasti bertanya-tanya, mengapa perut ibunya jadi gendut. Pasti akan banyak pertanyaan-pertanyaan yang diajukan buat Anda orang tuanya.

Kalau anak bertanya, tanda ia siap menerima jawaban. Jangan panik dan ngga perlu berusaha membelokkan pertanyaan anak. Pertanyaannya sederhana, jawabnya sederhana juga. Coba Anda simak contoh tanya jawab berikut ini.

1.Bagaimana cara bayi masuk ke dalam perut?

Jawab: “Setelah Ayah dan Bunda menikah, tandanya siap punya anak. Tuhan meletakkan bayi di sebuah tempat di tubuh Bunda.”

Jangan sebut ‘perut’, katakan saja ada tempat untuk tumbuh bayi yang hanya dipunyai oleh perempuan. Kata ‘perut’ mengacu pada pencernaan sehingga bisa membingungkan anak. Mungkin si kecil akan berpikir, bayi di dalam perut Bunda berdesakan dengan nasi, buah, sayur dan ayam goreng, hehehe.

2.Kalau perutku gendut, apakah di dalamnya ada bayi juga?

Jawab:”Tidak. Bayi tidak bisa tumbuh di dalam tubuh anak-anak, karena bayi akan tumbuh besar. Tubuh anak-anak tidak kuat membawa bayi dan tempat khusus di tubuh anak perempuan tidak bisa memuat bayi.”

Anak-anak memahami dengan cara melihat. Bandingkan kandungan Anda yang membesar dengan tubuh anak Anda. Tanyakan pada si kecil, mungkinkah bayi sebesar itu berada dalam tubuhnya?

3. Berapa lama bayi tinggal di tubuh Bunda?

Jawab:”Lama, karena bayi harus tumbuh besar. Punya kepalai, kaki dan tangan yang kuat.”

Anak-anak sulit memahami lamanya waktu sampai bayi lahir. Memberi jawaban 9 bulan lewat 10 hari akan sia-sia karena si kecil ngga akan paham.

4.Bagaimana cara bayi keluar?

Anda boleh saja menunjukkan jalan untuk keluarnya bayi tergantung usia anak Anda dan seberapa kenalnya anak dengan organ tubuhnya. Tapi hati-hati, karena setiap jawaban bisa menimbulkan pertanyaan lebih banyak lagi.

Mungkin lebih baik jika Anda menjawab,”Tuhan menyediakan lorong di tubuh Bunda yang akan dilewati bayi saat lahir. Dokter akan membantu Adik keluar dari tubuh Bunda.”

Bila sebelumnya Bunda melahirkan dengan bedah Caesar, Anda bisa menunjukkan pada anak jalan lahirnya waktu dilahirkan. Jangan ceritakan rasa sakit yang Anda alami setelah menjalani bedah itu.

5.Mengapa Bunda sering ke dokter?

Jawab:”Bunda dan Ayah harus pastikan bayi di dalam badan Bunda sehat. Dokter punya alat untuk melihat bayi di tubuh Bunda, namanya mesin USG. Dokter juga yang nantinya akan membantu Bunda mengeluarkan bayi. Jadi, dokter harus tahu keadaan bayi di badan Bunda.”

Ada sekitar 10 tanya-jawab, sisanya akan saya bagi di posting berikutnya.

Anak tidak bisa menyimpan rahasia. Bila Anda tidak ingin kehamilan istri Anda diketahui banyak orang di awal trisemester, tunggu dulu sampai kandungan istri Anda membesar. Secara visual, anak Anda akan lebih dapat melihat hubungan antara perut Anda yang gendut dengan bayi di dalamnya. klik juga disini: Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia

Sumber Artikel:Ayahbunda & victorac.com

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP