11 Juli, 2012

Tips Hemat dalam Berbelanja


Hari gini, jangan boros-boros deh. Supaya bisa lebih bijak berbelanja, ada beberapa tips yang bisa kita terapkan. Tentu saja kita tidak bisa berhenti belanja sama sekali, yang penting kan bagaimana kita bisa mengontrol pengeluaran belanja rumah tangga.

Fokus pada apa yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan. Hindari ‘lapar mata’ dan pembelian spontan. Jangan mudah tergoda dengan display dan kemasan menarik. Sebelum membayar, dipikir dulu, apakah Anda memang benar-benar membutuhkannya.
/image:housekeeping.families.com/
Catatan belanja bisa memandu Anda dalam berbelanja, terutama ketika kita belanja bulanan. Catatan belanja bisa mencegah Anda dari salah ambil barang.

Bayar pakai uang tunai saja, hindari pemakaian kartu kredit. Pemakaian kartu kredit bisa membuat Anda sulit menahan keinginan belanja karena Anda merasa uang selalu ada.

Kalau masih bisa menawar harga, pergunakanlah kesempatan itu. Kalau dengan menawar, Anda bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan harga lebih murah, kenapa ngga?

Jangan berbelanja hanya untuk mengisi waktu atau tanpa perencanaan sebelumnya. Belanja mendadak bisa berefek pada pengeluaran berlebih.

Setelah berbelanja, sebisa mungkin, tidak perlu mampir ke tempat-tempat lain. Berhemat  memang bukan hal mudah, dibutuhkan komitmen kuat dan konsistensi untuk menerapkannya dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Sumber:InfoBogor

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP