28 Februari, 2015

Pencahayaan Indoor dan Efeknya pada Kesehatan




Rumah matahari -Image:denmark.dk

Pencahayaan terbaik yang dapat Anda miliki di rumah adalah sinar matahari. Namun selama sepanjang hari, Anda dan keluarga lebih lama terkena pencahayaan buatan indoor. Jenis pencahayaan indoor ini dapat memiliki efek negatif pada kesehatan dan berikut adalah beberapa efek yang perlu Anda ketahui:

Kulit
Kulit dapat terpengaruh sinar matahari alami dan kulit menjadi kecokelatan karena terbentuknya proteksi pada kulit. Hal ini tidak dapat terjadi dengan pencahayaan indoor dan kulit Anda bisa menderita karenanya. Pencahayaan dalam ruangan biasanya cahaya biru, terutama jenis cahaya yang berasal dari layar komputer. Jenis pencahayaan ini tidak berbahaya, tapi dapat membuat kulit kusam, tampak pucat dan mengalami penuaan dini. Tapi masalah ini dapat diatasi dengan mudah  dengan pemakaian lotion kulit.

Mata
Mata umumnya sangat sensitif terhadap cahaya, terutama jika mata Anda terekspos cahaya layar komputer terlalu lama. Efek negatif yang muncul dari pencahayaan indoor ke mata Anda mulai dari hanya sekedar mata lelah hingga kerusakan mata jangka panjang. Yang terburuk yang mungkin Anda sering lakukan adalah mememaksakan mata Anda tegang sepanjang waktu di bawah cahaya yang kurang, seperti ketika Anda membaca dalam cahaya redup. Lampu yang berkedip-kedip dapat melelahkan retina Anda. Terlalu banyaknya cahaya langsung bisa melukai mata Anda dan bahkan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Siklus harian
Cara Anda tidur, makan dan hidup dalam waktu 24 jam disebut siklus sirkadian. Ini adalah siklus yang sangat penting
untuk  menjaga kesehatan karena gangguan apapun dapat membawa konsekuensi buruk pada kesehatan Anda. Contohnya, pencahayaan buatan dalam ruangan dapat membuat Anda terus terjaga sehingga mengganggu siklus sirkadian alami tubuh Anda. Oleh karena itu, pemilihan dan penempatan lampu harus dilakukan dengan hati-hati.

Gangguan suasana hati/mood.
Kurangnya pencahayaan alami
di rumah Anda dapat menyebabkan hormon tertentu  berada di tingkat yang sangat rendah yang kemudian dapat mengakibatkan depresi dan gangguan suasana hati. Namun, para ilmuwan telah menetapkan bahwa penerapan cahaya buatan indoor yang terencana dan cermat dapat membantu mengurangi depresi dan malah memberikan efek menenangkan.

Dengan semua informasi tentang pengaruh pencahayaan
indoor di atas,  Anda harus memberikan perhatian khusus pada jenis lampu yang Anda pilih dan bagaimana Anda menempatkan lampu tersebut di dalam ruangan. Bukan hal yang mewah untuk membeli tipe pencahayaan berkualitas yang dirancang dengan baik karena dapat berefek positif pada kesehatan mata, kulit, tingkat hormonal dan menghindari kemungkinan timbulnya depresi. 

0 komentar:

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP