28 Februari, 2015

Pencahayaan Indoor dan Efeknya pada Kesehatan




Rumah matahari -Image:denmark.dk

Pencahayaan terbaik yang dapat Anda miliki di rumah adalah sinar matahari. Namun selama sepanjang hari, Anda dan keluarga lebih lama terkena pencahayaan buatan indoor. Jenis pencahayaan indoor ini dapat memiliki efek negatif pada kesehatan dan berikut adalah beberapa efek yang perlu Anda ketahui:

Kulit
Kulit dapat terpengaruh sinar matahari alami dan kulit menjadi kecokelatan karena terbentuknya proteksi pada kulit. Hal ini tidak dapat terjadi dengan pencahayaan indoor dan kulit Anda bisa menderita karenanya. Pencahayaan dalam ruangan biasanya cahaya biru, terutama jenis cahaya yang berasal dari layar komputer. Jenis pencahayaan ini tidak berbahaya, tapi dapat membuat kulit kusam, tampak pucat dan mengalami penuaan dini. Tapi masalah ini dapat diatasi dengan mudah  dengan pemakaian lotion kulit.

Mata
Mata umumnya sangat sensitif terhadap cahaya, terutama jika mata Anda terekspos cahaya layar komputer terlalu lama. Efek negatif yang muncul dari pencahayaan indoor ke mata Anda mulai dari hanya sekedar mata lelah hingga kerusakan mata jangka panjang. Yang terburuk yang mungkin Anda sering lakukan adalah mememaksakan mata Anda tegang sepanjang waktu di bawah cahaya yang kurang, seperti ketika Anda membaca dalam cahaya redup. Lampu yang berkedip-kedip dapat melelahkan retina Anda. Terlalu banyaknya cahaya langsung bisa melukai mata Anda dan bahkan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Siklus harian
Cara Anda tidur, makan dan hidup dalam waktu 24 jam disebut siklus sirkadian. Ini adalah siklus yang sangat penting
untuk  menjaga kesehatan karena gangguan apapun dapat membawa konsekuensi buruk pada kesehatan Anda. Contohnya, pencahayaan buatan dalam ruangan dapat membuat Anda terus terjaga sehingga mengganggu siklus sirkadian alami tubuh Anda. Oleh karena itu, pemilihan dan penempatan lampu harus dilakukan dengan hati-hati.

Gangguan suasana hati/mood.
Kurangnya pencahayaan alami
di rumah Anda dapat menyebabkan hormon tertentu  berada di tingkat yang sangat rendah yang kemudian dapat mengakibatkan depresi dan gangguan suasana hati. Namun, para ilmuwan telah menetapkan bahwa penerapan cahaya buatan indoor yang terencana dan cermat dapat membantu mengurangi depresi dan malah memberikan efek menenangkan.

Dengan semua informasi tentang pengaruh pencahayaan
indoor di atas,  Anda harus memberikan perhatian khusus pada jenis lampu yang Anda pilih dan bagaimana Anda menempatkan lampu tersebut di dalam ruangan. Bukan hal yang mewah untuk membeli tipe pencahayaan berkualitas yang dirancang dengan baik karena dapat berefek positif pada kesehatan mata, kulit, tingkat hormonal dan menghindari kemungkinan timbulnya depresi. 

26 Februari, 2015

7 Cara Secangkir Madu dan Air Hangat Membantu Anda



Seringkali kita kurang perhatian pada menjaga kesehatan sampai tiba saatnya kita jatuh sakit. Ketika sudah sakit, baru deh terpikir tentang semua cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Kombinasi madu dan air hangat yang dikonsumsi setiap hari bisa menjadi obat mujarab sehat dan alami yang dapat meningkatkan kesehatan. Setelah Anda membaca 7 cara bagaimana minuman ini dapat membantu tubuh Anda dari dalam, Anda mungkin akan mengkonsumsinya setiap hari dan menikmati manfaatnya!

 
image:smithsonianmag.com

1. Mengurangi berat badan.

Rasa manis madu berasal dari gula alami yang mengandung kalori baik dan sehat. Rasa manis madu di mulut akan mengurangi keinginan untuk makan makanan manis lain yang mengandung gula kurang sehat (yang membuat lemak tubuh dan bisa menambah berat badan). Jika Anda lebih sedikit mengkonsumsi makanan dan minuman manis, lemak dalam tubuh dapat berkurang dan berat badan pun turun.



2. Efek positif pada pencernaan.

Madu memiliki sifat antiseptik yang memiliki efek menguntungkan pada sistem pencernaan. Hasil dari konsumsi madu+ air hangat setiap hari adalah membaiknya masalah pencernaan sepertinya berkurangnya gas pada pencernaan dan membaiknya masalah sembelit.


3. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Madu adalah antioksidan alami yang menetralkan racun dalam tubuh dengan cara  meningkatkan kekebalan tubuh membuat Anda lebih tahan terhadap efek negatif dari diet kurang sehat dan patogen yang dapat menyebabkan penyakit.



4. Memberi energi.

Kombinasi sehat dari madu di dalam air hangat membuatnya menjadi minuman yang meningkatkan energi dan membuat Anda lebih siap untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Minuman ini juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi.


5. Manfaat detoks.

Madu membantu organ tubuh untuk menyingkirkan semua senyawa beracun dalam darah, meringankan stres pada liver/hati dengan memperbaharui kemampuannya dalam mengurai semua bahan berbahaya/beracun.


6. Manfaat madu untuk kecantikan.

Madu telah digunakan sebagai bahan kecantikan sejak dahulu.  Madu dapat membuat kulit Anda lebih halus, lebih elastis, segar, dan  memiliki cahaya yang sehat.

7. Manfaat kesehatan secara umum.

Madu dalam air hangat meningkatkan tingkat kolesterol baik dan menurunkan risiko penyakit jantung. Cara terbaik untuk mengkonsumsi obat mujarab ini adalah minum segera setelah Anda bangun di pagi hari, sebelum sarapan pagi –pada saat perut masih kosong. Cara ini memberikan efek terbaik karena semua bahan bermanfaat yang terkandung di dalamnya akan menyebar lebih cepat, memberi Anda energi, kesehatan dan kecantikan.


Anda mungkin memiliki asuransi kesehatan yang lengkap, tapi yang paling tepat adalah memberikan tubuh Anda sesuatu yang sehat, alami dan benar-benar bermanfaat, seperti segelas madu dan air hangat setiap hari. Gaya hidup sehat dan kesadaran gizi yang baik telah terbukti dapat mencegah penyakit; inilah  asuransi terbaik Anda. Tidak mengherankan jika banyak yang berkata: lebih baik mencegah daripada mengobati!

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP