09 Oktober, 2015

Telur & Manfaatnya



Kandungan protein dan nutrisi pada telur sangat bermanfaat dalam keluarga. Dilihat dari komposisinya, telur mengandung 12,8 gr protein, 11,5gr lemak, 0,7 gr karbohidrat dan 74 gr air.   Selain menyehatkan tubuh telur juga bermanfaat untuk perawatan/mengencangkan kulit wajah.



Agar telur yang kita butuhkan selalu terjaga manfaatnya, ada beberapa cara memilih telur dan penyimpanannya.
Pada saat memilih telur, pilihlah telur yang bersih dan tidak banyak kotoran pada kulitnya. Kotoran yang menempel pada telur bisa mempercepat terjadinya pembusukan. 

Kotoran atau mikro organism dapat menembus kulit ke dalam telur melalui pori-pori cangkang.

Untuk menguji kualitas telur, ada beberapa cara diantaranya yang bisa kita lakukan: meneropong di bawah lampu, apa bila telur terlihat encer atau tidak menggumpal, maka telur tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Cara lainnya adalah dengan memasukan telur kedalam air. Apa bila telur yang kita masukan ke dalam air tersebut tenggelam maka telur tersebut masih layak konsumsi, dan sebaliknya apa bila telur tersebut mengapung maka sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi.

Janganlah menyimpang telur diruang terbuaka lebih dari satu minggu, tetapi hendaklah simpan telur tersebut didalam kulkas, hal ini akan memperpanjang usia masa konsumsi.

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP