16 Januari, 2016

COLLAGEN, Apakah Penting ?

Collagen adalah protein utama penyusun jaringan ikat, seperti kulit, kuku, rambut dan tulang. Keberadaan Collagen dalam tubuh manusia mencapai sekitar 30%. Collagen merupakan struktur organik pembangun Kulit, Tulang, Gigi, Sendi dan Otot. Collagen bersifat lekat atau menghasilkan pelekat atau pelumas pada persendian.

Faktor usia sangat mempengaruhi ketersediaan Collagen di dalam tubuh, maka dari itu biasanya dengan bertambahnya usia, maka banyak hal perubahan pada tubuh yang bersifat (cenderung) negatif. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa,pada saat kita menginjak usia 25 tahun, maka dalam setiap tahunnya penyusutan Collagen mencapai hingga 1,5%. Penyusutan ketersediaan Collagen inilah yang menyebabkan berbagai hal pada tubuh kita.

Mengingat betapa pentingnya peran Collagen pada tubuh kita, maka berikut ini saya sampaikan beberapa hal yang sangat membutuhkan suplai Collagen.



KULIT
Collagen tersimpan pada lapisan dasar kulit (di bawah lapisan sub cutis).Collagen merupakan bahan primer pada proses regenerasi kulit. Kurangnya ketersedia an Collagen menimbulkan kerentanan terjadinya proses penuaan dini, kulit keriput, kering, pori-pori melebar dan terjadinya pigmentasi. Penuaan dini merupakan penurunan kemampuan pada kulit untuk memproduksi sel baru.
Khusus bagi wanita yang berkeinginan agar kulitnya lebih halus, lembut, tetap cantik dan awet muda (karena terjaga kesegarannya) sangat dianjurkan agar mensuplai Collagen murni yang cukup.

TULANG
Sama pentingnya dengan Kalsium, Collagen juga memiliki peranan yang sangat penting pada Tulang. Dalam hal ini, Collagen merupakan perekat atau bersfungsi sebagai lem persendian pada tulang. Hal ini lah yang menjadikan betapa pentingnya kita mengkonsumsi Collagen secara teratur agar persendian tulang tetap kuat dan tidak mudah rapuh.

PERSENDIAN
Hilangnya cairan/pelumas atau Cartilage pada persendian berakibat terjadinya Osteothritis. Hal ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri atau sakit pada pada persendian, terutama lutut.
Cartilage merupakan pengisi sendi yang tersusun dari serat collagen yang berfungsi untuk Shock Abosber pada persendian. Semakin banyak aktifitas maka beban persendianpun akan semakin berat. Bila regenerasi Cartilage lambat, maka ketersediaannya pun terus berkurang. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya benturan persendian pada tulang dan menimbulkan rasa sakit.   
OTAK
Saraf kranial pada otak sulit menerima nutrisi jika jaringan Collagen menipis, karena Nutrisi pada otak kita disuplai oleh gula yang didukung jaringan collagen. 

MATA
Seyogyanya otot-otot pada mata harus lentur, akan tetapi dengan bertambahnya usia, maka Collagen pada mata pun akan berkurang. Hal ini lah yang menimbulkan otot pada mata menjadi kaku. Sebagai anjurannya adalah cukupilah suplai Collagen agar daya kemampuan penglihatan pun menjadi pulih kembali dan terjaga kesehatannya.

RAMBUT
Rambut tersusun atas sel keratin yang terdiri atas akar dan batang rambut. Biasanya rambut yang normal bersifat elastis serta sehat. Seringnya penggunaan pewarna Rambut, bleach, hot blow drying mudah membuat rambut menjadi stress. Ketersedia an Collagen yang cukup memudahkan pembentukan lapisan pelindung pada rambut, sehingga rambut terhindar dari stress, lapisan pelindung lemak terkendali sehingga tidak mudah kering, terhindar dari kerontokan rambut yang tipis serta terhindar dari infeksi jamur pada kulit kepala. Dengan demikian kesehatan rambut dapat terjaga dengan sebaik-baiknya.
Mengingat sangat pentingnya Collagen Suplemen Alami pada tubuh kita, maka saya akan menuliskan pada artikel berikutnya, diantaranya adalah pentingnya Collagen untuk Kuku, Gusi, Payudara, Organ dalam dan lainnya. 

  © Blogger template 'Isolation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP